Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan Canva for Education

Pada hari Sabtu 27 Januari  2024, di SMP Budi Utomo Perak telah dilaksanakan Pelatihan Canva for Education untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran bagi Pendidik dan Pembimbing. Adapun tempat kegiatan adalah di Ruang Guru SMP Budi Utomo Perak . Peserta yang menghadiri kegiatan berjumlah 48 peserta dari guru dan pembimbing mulok keagamaan dan pembimbing diniyah yang ada di SMP Budi Utomo Perak. Kegiatan dimulai pukul 08.00 dan dibuka oleh Bapak Sutopo, S.Pd yang juga Kepala SMP Budi Utomo Perak. Dalam sambutannya beliau berpesan kepada semua peserta supaya dapat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Budi Utomo Perak sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh peserta didik sebagai tujuan utama pendidikan.

Sambutan Kepala SMP Budi Utomo Perak

Kegiatan Pelatihan Canva for Education untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran SMP Budi Utomo Perak berlangsung selama kurang lebih empat jam. Tentu hal ini tidak terlepas dari apa yang dituju yaitu peserta pelatihan mampu memanfaatkan Canva for Education untuk pembelajaran, mulai dari mengenal fitur-fiturnya, manfaatnya dalam pembelajaran dan praktik membuat presentasi materi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Berikut adalah hasil karya peserta dalam pelatihan Canva for Education yang berhasil dikumpulkan.

Antusiasme peserta pelatihan

Pelan namun pasti, para peserta dengan telaten belajar membuat tampilan presentasi yang semenarik mungkin. Dengan bimbingan narasumber, peserta mengikuti arahan langkah demi langkah pembuatan presentasi animasi melalui Canva for Education. Para narasumber juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya tentang tantangan dan rintangan yang mereka hadapi. Para peserta pun menggunakan kesempatan ini untuk mengajukan pertanyaan mulai dari apakah penggunaan Canva for Education ini bisa digunakan walaupun sudah pensiun atau tidak mengajar lagi sampai apakah presentasi yang dibuat melalui Canva for Education bisa didownload dan digunakan secara offline.

Sesi pertama

Sesi kedua

Pelatihan Canva for Education ini dibimbing langsung oleh narasumber dari Co-Kapten belajar.id Kabupaten Jombang. Beliau adalah Moch. Farid Ubaidillah, M.Pd.dan Wiwin Fidayanti, S.Pd., SD. Pada kesempatan pertama, Materi Canva for Education disampaikan oleh Pak Farid. Beliau mengenalkan Canva for Education beserta fitur-fiturnya.

Sesi kedua kegiatan ini dimulai setelah sesi istirahat berakhir. Tepatnya pukul 10.30, Ibu Wiwin selaku narasumber kedua mulai menyapa dan memperkenalkan diri kepada seluruh peserta pelatihan ini. Narasumber memulai dengan menunjukkan karya yang sudah berhasil dibuat sebelumnya. Karya tersebut yaitu media presentasi kuis yang dapat disetting sedemikian rupa sehingga dapat berjalan dengan epik dan menarik.  Hal ini membuat para peserta sangat tertarik untuk bisa belajar membuat karya yang sama namun disesuaikan dengan kebutuhan para peserta.

Berikut ini kami sampaikan hasil pelatihan yang kami selenggarakan. Semoga bermanfaat. Aamiin

https://www.canva.com/design/DAF7UR4uMXA/MIAQTo7t7fhuhONuIAK7Ug/edit?utm_content=DAF7UR4uMXA&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

https://www.canva.com/design/DAFGcv4570U/3OQzfARq2RYsA7rwREhJmw/edit?utm_content=DAFGcv4570U&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton

https://www.canva.com/design/DAF7CiOR4JU/CFsYtz7pbDwsJENMLn5lOg/edit

https://www.canva.com/design/DAF7C6pHQnc/BOMQNmTKKav5gsAhm_k9jQ/edit

 

About Mas Basori

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.