CEGAH BULLYING DI SMP BUDI UTOMO PERAK BERSAMA KAPOLSEK

JOMBANG, Kamis 12 Oktober 2023 bertempat di Aula Masjid Luhur Gadingmangu, SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak bekerja sama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Perak Jombang mengadakan sosialisasi terkait bullying/perundungan, kekerasan seksual, miras dan narkoba. Kegiatan tersebut diikuti seluruh peserta didik dan didampingi seluruh dewan guru SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak. Setelah sosilaisasi kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen untuk stop bulliying/perundungan, kekerasan seksual, miras dan narkoba dari kepolisian dan seluruh civitas SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak.

Bersama KAPOLSEK Perak dan civitas  SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak

Penandatanganan komitmen Anti Perundungan oleh Kapolsek dan dikuti seluruh siswa dan Guru

Kapolsek Perak Iptu Kasnasin mengapresiasi antusiasme dari siswa-siswi SMP Budi Utomo Gadingmangu dalam mengikuti sosialisasi. Iptu Kasnasin menyampaikan materi tentang bullying atau sikap tidak menyenangkan terhadap orang lain baik secara verbal maupun non-verbal serta mencontohkan beberapa tindakan yang termasuk kedalam bullying perorangan maupun kelompok. Karena kasus bullying bisa terjadi pada individu perorangan maupun kelompok. “Selalu berhati-hatilah dalam berkata maupun bersikap terhadap orang lain” ujar Kapolsek dalam himbauannya

Interaksi dengan siswa disela-sela materi

Selain itu Iptu Kasnasin juga menyampaikan materi kekerasan seksual, miras dan narkoba yang bisa saja terjadi di kalangan pelajar. Dalam penyampaiannya beliau menghimbau agar para pelajar berhati-hati bersosial media. Karena tren remaja saat ini sangat tinggi terhadap pengguna media sosial. “Tak jarang remaja kurang bijak dalam bermedia sosial” paparnya.

Di akhir penyampaian, beberapa siswa mengajukan pertanyaan terkait bullying, salah satu pertanyaannya dari Anin (nama sapaan) “bagaimana sikap kita ketika mengetahui ada bullying di lingkungan sekolah?”. “Di sekolah pastinya ada BK, apabila menjumpai tindakan bullying di sekolah maka segera komunikasi kepada guru BK” jelas IPTU Kasnasin. Kapolsek juga menegaskan dampak dari tindakan bullying sangat besar. Dampak terhadap korban maupun pelaku bullying.

Antusiasme peserta

 

About Mas Basori

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.