Sukses MPLS 2023

Seraya memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita semua masih diberikan kekuatan dalam mempersiapkan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. kegiatan tersebut

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada tahun pertama siswa baru masuk kesekolah, sebagai pengganti kegiatan yang dulu bernama kegiatan “Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru”.

Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah SMP Budi Utomo, dan sebagai sarana beradaptasi para siswa baru terhadap lingkungan yang baru dan bersosialisasi dengan teman – teman baru serta ajang wahana kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan dalam upaya memajukan SMP Budi Utomo.

Pembukaan MPLS 2023

Dilaksanakan pada hari senin tanggal 17 Juli 2023, bertempat diaula Masjid Luhur Nurhasan Gadingmangu yang dibuka oleh Bapak Sutopo, S.Pd selaku kepala SMP Budi Utomo Perak. Selanjutnya panitia MPLS juga mengenalkan para dewan guru dan karyawan SMP Budi Utomo Perak pada siswa baru yang bertujuan agar siswa-siswi baru bisa mengenal dan mengetahui jabatan dan peranan guru serta karyawan SMP Budi Utomo.

Sosialisasi Impementasi 6 Thabiat Luhur

Untuk menanamkan dan mengenalkan karakter yang baik pada peserta didik baru ini diberi bekal pengetahuan tentang 6TL (6 Thabiat Luhur) oleh tim 6 TL Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu yang pada kesempatan ini di sampaikan oleh bapak Thonang Efendi, S.Tp. selaku Pembina 6TL

Kegiatan Observasi Lingkungan

 

Pada pelaksanan MPLS Sekolah SMP Budi Utomo perak tahun 2023 ini bekerjasama dengan Koramil Perak Jombang dalam memberikan bekal kedisiplinan pada peserta didik baru melalui kegiatan PBB di lapangan N.Z. Gadingmangu. Dengan demikian harapan besar kami pada peserta didik baru SMP Budi Utomo Perak memiliki pengalaman berharga yang berkaitan dengan kedisiplinan dan karakter baik yang akan di terapkan di lingkungan sekolah dan masyarak secara umum.

Kegiatan Latihan PBB oleh Koramil Perak

Selama penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) para siswa-siswi baru akan menerima materi sesuai Permendikbud No 18 Tahun 2016, diantaranya yaitu:

  1. Tata Krama Siswa (Implementasi 6TL)
  2. Arti Dan Makna Wawasan Wiyata Mandala
  3. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
  4. Kepramuka
  5. Pengenalan Sarana & Prasarana Sekolah
  6. Struktur Kepengurusan Sekolah
  7. Bridging Course
  8. PBB
  9. Pengenalan Kurikulum Merdeka & Cara Belajar Efektif

Materi “Cara Belajar Efektif” dan pengenalan Kurikulum Merdeka

 

Kegiatan MPLS ini di tutup dengan kegiatan tes Potensial Akademik dan upacara penutup yang juga dilaksanakan di aula Masjid Luhur. Berkat ridho Allah SWT pelaksnaan MPLS ini berjalan dengan baik dan lancar.

Penyampaian Materi MPLS

About Mas Basori

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.