“SEHAT” Reproduksi?… Harus dong…..

Keberadaan remaja sebagai harapan masa depan bangsa Indonesia, seharusnya memiliki bekal yang cukup, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Untuk itu, perlu adanya upaya yang kongkrit untuk mewujudkan generasi yang unggul dan berkualitas, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi.

Pembukaan Oleh Kepala Sekolah Sutopo, S.Pd

 

Bertempat di ruang RPS YPBU, pada hari Rabu 27 Juli 2023 SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak bekerja sama dengan Puskesmas Perak mengadakan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi remaja. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 sampai pukul 11.30 dan diikuti sekitar 120 anak dengan 2 narasumber dari Puskesmas Perak. Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak bapak Sutopo, S.Pd. Selain untuk mengedukasi para peserta yang kebanyakan remaja ini, agar dapat memahami dan menjaga kesehatan reproduksinya peserta juga dapat menginformasikan tentang kesehatan reproduksi kepada teman sebaya (peer educator) di sekitarnya. Peserta terlihat sangat antusias menerima materi-materi yang disajikan oleh narasumber. Sebagai tindak lanjut sekolah akan berencana membentuk peer grup (kelompok sebaya) agar materi kesehatan remaja segera meyebar luas ke seluruh siswa di SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak.

Penyampaian Materi oleh Puskesmas Perak Ibu Khusnawati, Amd, Kep. 

 

Seperti kita ketahui bersama kelompok usia remaja merupakan usia yang paling rentan terinfeksi HIV/AIDs dan Penyakit Menular Seksual (PMS). “Permasalahan kesehatan reproduksi remaja perlu mendapatkan perhatian yang khusus, karena saat ini sudah terjadi pergeseran norma dalam lingkungan masyarakat, khususnya para remaja. Dimana pergaulan menjadi luas dan bebas, terlebih ditunjang dengan sarana media massa dan teknologi yang semakin maju, sehingga para remaja lebih banyak mendapatkan pengetahuan”.

Penyampaian Materi oleh Puskesmas Perak Ibu Sri rahayu,  Amd. Keb.

 

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak remaja lebih peduli terhadap kesehataan fisiknya dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan dengan gizi seimbang, di mana kesehatan fisik ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ-organ reproduksi remaja. Mengetahui dan menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting terutama bagi remaja dimana terdapat indikasi pada remaja, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Peserta sangat antusias menerima materi dari narasumber

About Mas Basori

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

4 comments

  1. Semoga anak anak sehat jasmani Rohani, sukses barokah

  2. Sangat bermanfaat, semoga menjadi bekal remaja kita untuk kedepannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.