KURIKULUM MERDEKA UNTUK PARA GURU SMP BUDI UTOMO PERAK JOMBANG

Dunia digemparkan dan dibuat shock oleh covid-19 selama hampir 2 tahun terakhir. Menurut para ahli salah satu dampak dari Pandemi Covid-19 bagi Dunia Pendidikan adalah terjadinya Learning loss pada diri peserta didik. Learning loss merupakan hilangnya pengetahuan dan kemampuan siswa yang bisa dilihat dari menurunnya capaian hasil belajar. Banyak faktor yang mempengaruhinya satu diantaranya adalah pandemi covid yang berimbas pada kekuatan ekonomi masyarakat. Merujuk pada kondisi dimana pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyaknya kendala dalam proses pembelajaran di satuan Pendidikan yang memberikan dampak yang cukup signifikan. Kurikulum 2013 yang digunakan pada masa sebelum pandemi menjadi satu satuanya kurikulum yang digunakan satuan pendidikan dalam pembelajaran. Masa pandemi 2020 s.d. 2021 Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Darurat (Kur-2013 yang disederhanakan) menjadi rujukan kurikulum bagi satuan pendidikan. Masa pandemi pada 2021 sampai 2022 Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak (SP) dan SMK Pusat Keunggulan (PK).

Pada masa sebelum dan pandemi, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 kemudian Kurikulum 2013 disederhanakan menjadi kurikulum darurat yang memberikan kemudahan bagi satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran jadi lebih mudah dengan substansi materi yang esensial. Kurikulum Merdeka di SP/SMK-PK menjadi angin segar dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran yang diluncurkan pertama kali tahun 2021.Sebagai salah satu opsi pemulihan pembelajaran akibat pandemi covid-19 yang masih menjadi berita hingga saat ini, yang ditawarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi adalah Kurikulum merdeka yang sebelumnya dikenal dengan kurikulum prototipe atau kurikulum dengan paradigma baru.

Satuan pendidikan dapat memilih tiga opsi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2022/2023.

  • Pertama, menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.
  • Kedua, menerapkan Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan.
  • Ketiga, menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar

SMP Budi Utomo Perak telah sepakat memilih penerapan Kurikulum Merdeka  opsi 2 Merdeka Belajar dan akan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka ini di tahun pelajaran 2022-2023 untuk peserta didik kelas 7. Untuk mensosialisasikan Kurikulum Merdeka tersebut, SMP Budi Utomo Perak menggelar Workshop Kurikulum Merdeka Kamis (09/06). Kegiatan ini menghadirkan seluruh civitas sekolah. Kegiatan ini mengundang narasumber dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Bapak H. Sulaikan, S.Pd., SH., M.Si.

About Admin SMPBU

Check Also

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN TIK DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU SMP BUDI UTOMO PERAK 2021/2022

Seolah tak pernah bosan eksis dalam dunia pendidikan, Kepala SMP Budi Utomo Perak terus berupaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.