pendidikan pancasila
pendidikan pancasila

Mengetahui Pentingnya tujuan pendidikan pancasila

Dewasa ini banyak orang yang sudah melupakan tujuan pendidikan pancasila. Padahal pancasila merupakan dasar negara republik Indonesia yang diresmikan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Karena pancasila merupakan dasar negara, maka setiap warga negara Indonesia wajib mengetahui dan memahami makna dari pancasila itu sendiri. Untuk bisa memahami pancasila itulah, maka dibutuhkan pendidikan pancasila di sekolahan agar generasi muda bisa memahami dasar negara mereka. Tanpa adanya pendidikan pancasila, generasi muda tidak akan mengetahui dasar negara mereka dan mereka akan mudah terbawa oleh globalisasi sehingga kehilangan jati diri mereka sebagai warga negara indonesia. Jika masyarakat indonesia sudah banyak yang kehilangan jati dirinya, maka negara ini akan menjadi lemah dan tidak memiliki dasar sebagai patokan jati diri bangsa.

pendidikan pancasila
pendidikan pancasila

Memahami berbagai tujuan pendidikan pancasila

Ada banyak sekali tujuan pendidikan pancasila. Tujuan yang pertama adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia. Tujuan yang kedua adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan yang ketiga adalah memajukan kesejahteraan umum. Tujuan yang keempat adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Tujuan yang kelima adalah mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman, bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa, dan berbudi pekerti luhur. Dan yang terakhir adalah memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab.

Tujuan pendidikan pancasila yang sudah diuraikan diatas sebenarnya merupakan tujuan nasional yang dicantumkan dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Tujuan nasional yang telah ditegaskan tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan penyelenggaraan negara yang berkedaulatan rakyat dan demokratis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan pancasila dan undang – undang dasar 1945. Tujuan yang sangat luhur dan menjadi dasar negara itu haruslah dipahmi oleh setiap warna negara. Jika semua warga negara sudah mengetahui dan memahami makna tersebut, maka tujuan itu akan mudah dicapai. Selanjutnya yang dibutuhkan hanyalah kemauan dari masyarakat untuk mendukung tercapainya tujuan itu dan cara untuk mewariskan pancasila itu kepada generasi penerus mereka.

Usaha mencapai tujuan pendidikan pancasila

Seiring berjalannya waktu, generasi penerus bangsa juga ikut berganti. Pancasila yang diwariskan turun temurun dari para tokoh bangsa indonesia kini mulai memudar. Banyak orang yang kurang mengerti akan arti dan makna dari pancasila sehingga tujuan yang telah dijelaskan diatas menjadi sulit untuk dicapai.Untuk mencapai tujuan tersebut, pancasila haruslah diajarkan sejak dini di sekolahan. Sehingga mulai dari SD sampai SMA, murid akan menerima pelajaran PPKN atau kewarganegaraan. Mata pelajaran itulah yang akan mendidik mereka untuk mengetahui dan mendalami arti serta makna dari pancasila. Hal itu lebih didukung dengan adanya kurikulum baru 2013 yang juga menilai softskill dari para siswanya. Sehingga para siswa akan terpacu mempraktekkan nilai – nilai luhur pancasila dalam pendidikan sehari – hari dan mempermudah tercapainya tujuan pendidikan pancasila.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.