peran keluarga terhadap pendidikan
peran keluarga terhadap pendidikan

Fungsi dan Peran Lembaga Pendidikan Sekolah dan Keluarga

Lembaga pendidikan adalah tempat yang memberikan fasilitas pendidikan kepada masyarakat. Pendidikan sendiri adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi – potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai – nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Pendidikam merupakan salah satu hal pokok yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Pendidikan bisa kita dapatkan dimana saja, dan pendidikan dimulai dari saat kita lahir dan berakhir pada saat kita meninggal nantinya. Sehingga bisa dikatakan kita membutuhkan pendidikan seumur hidup kita. Pentingnya dan kebutuhan masyarakan akan pendidikan ini lah yang memicu munculnya lembaga – lembaga yang menawarkan jasa pendidikan kepada masyarakat. Lembaga tersebut biasa kita kenal dengan sekolah. Ada berbagai macam sekolah yang kita ketahui, sekolah dibagi berdasarkan tahap – tahap. Mulai dari TK, SD, SMP, SMA / SMK, sampai dengan Perguruan Tinggi.

peran keluarga terhadap pendidikan
peran keluarga terhadap pendidikan

Fungsi dan peran lembaga pendidikan keluarga

Lembaga pendidikan yang paling penting dan paling utama adalah keluarga. Keluarga dianggap sebagai salah satu lembaga untuk mendidik anak. Hal ini disebabkan karena anak pertama kali mendapatkan pendidikan dan bimbingan serta sebagian besar kehidupan anak adalah dalam keluarga. Keluarga memiliki tugas utama untuk meletakkan dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup. Selian itu keluarga juga akan memengaruhi sifat dan tabat anak karena anak akan sering mencontoh perilaku dari kedua orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Peranan dari lembaga pendidikan keluarga ini ada banyak, antara lain adalah menjamin kehidupan emosional anak, menanamkan dasar nilai moral, pengalaman pertama masa kanak – kanak, peletakan dasar – dasar keagamaan, dan menanamkan dasar pendidikan sosial. Dengan demikian akan terlihat jelas betapa pentingnya keluarga dalam berlaku sebagai salah satu lembaga yang memberikan pendidikan kepada anak. Karena itulah kita banyak sekali belajar dari keluarga kita, mungkin kita juga masih ingat hal apa saja yang telah diajarkan oleh keluarga kita kepada kita. Pelajaran itu tentu ada yang tidak akan bisa kita dapatkan di sekolah. Dan yang paling penting pendidikan ini akan memperkuat hubungan antar anggota keluarga.

Fungsi dan peran lembaga pendidikan sekolah

Pendidikan sekolah pada dasarnya adalah lanjutan dari pendidikan keluarga. Karena informasi dan ilmu pengetahuan yang diajarkan dalam keluarga kurang mencukupi dan kurang luas, maka anak membutuhkan lembaga selain keluarga untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka. Salah satu lembaga tambahan dan lanjutan itu adalah sekolah. Pendidikan yang diberikan di sekolah ini diperoleh secara teratur, sistemats, bertingkat, dan mengikuti syarat – syarat yang jelas dan ketat. Lembaga pendidikan yang satu ini  bisa dikatakan bertujuan untuk membentuk kecerdasan, minat, serta bakan pada anak untuk dikembangkan secara maksimal.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Para Peserta Dididk SMP Budi Utomo Perak Belajar Menghafal Al-Qur’an

Pada hari Jum’at (8/11) seluruh peserta didik SMP Budi Utomo Perak mengadakan kegiatan Halaqoh Tahfidzul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.