Potret Pendidikan Indonesia
Potret Pendidikan Indonesia

Mengetahui Solusi dari Masalah Pendidikan di Indonesia

Mutu pendidikan negara kita bisa dibilang sangat buruk karena banyaknya masalah pendidikan di Indonesia. Mutu pendidikan kita bisa dibilang sebagai yang terburuk di kawasan ASEAN. Mutu pendidikan yang rendah inilah yang membuat kualitas SDM bangsa Indonesia masuk kedalam peringkat yang paling rendah. Sebenarnya pendidikan di Indonesia masih bisa ditingk

Potret Pendidikan Indonesia
Potret Pendidikan Indonesia

atkan. Dengan peningkatan mutu kualitas pendidikan tersebut, diharapkan negara Indonesia mampu melahirkan generasi yang memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Dengan demikian maka bangsa Indonesia akan mampu bersaing dengan bangsa lain dan tidak semakin tertinggal karena arus global yang berjalan dengan cepat. Tentu saja untuk meningkatkan mutu pendidikan itu tidaklah mudah. Hal pertama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia adalah dengan mengetahui apa saja yang menjadi masalah dan mencari solusinya.

Berbagai masalah pendidikan di Indonesia

Masalah pendidikan di Indonesia yang pertama adalah pemerataan pendidikan. Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa Indonesia masih memiliki pendidikan yang kurang merata. Banyak masyarakat Indonesia yang masih kurang pendidikan. Kebanyakan dari mereka adalah warga miskin yang tidak memiliki uang untuk bersekolah. Padahal pemerataan pendidikan sangatlah penting bagi bangsa Indonesia agar tidak semakin terpuruk dan masyarakat bisa berfikir dengan bijak menanggapi keadaan bangsa. Jika masyarakat kekurangan pengetahuan dan pendidikan, maka mereka akan mudah dihasut dan dibohongi serta dimanfaatkan oleh pihak lain yang lebiih pintar. Selain pemerataan pendidikan, yang menjadi masalah selanjutnya adalah biaya pendidikan yang mahal. Biaya sekolah yang mahal itu membuat para warga miskin menjadi tidak punya kesempatan untuk bersekolah. Padahal pendidikan adalah senjata utama bagi kemakmuran suatu negara.

Masalah pendidikan di Indonesia selanjutnya adalah kualitas pendidikan yang masih rendah. Kualitas pendidikan dalam hal ini mencakup hal yang luas. Mulai dari ketersediaan dan kelayakan sarana dan prasarana sampai dengan materi dan cara mengajar guru. Kita sering kali melihat berita di berbagai media yang menyebutkan banyak sekali sekolahan yang tidak layak pakai. Banyak sekolahan yang hancur dan siswa yang rela menyeberangi jembatan berbahaya demi sampai ke sekolah. Hal itu juga ditambah dengan banyaknya berita tentang pemerkosaan murid dan kekerasan pada murid oleh guru mereka sendiri.

Solusi dari masalah pendidikan di Indonesia

Untuk menanggapi masalah – masalah yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa solusi yang telah dijalankan. Solusi pertama untuk masalah pemerataan pendidikan adalah adanya program wajib belajar 9 tahun. Dengan adanya program itu diharap masyarakat memiliki pendidikan minimal smp. Dan sekarang ditingkatkan lagi menjadi program belajar 12 tahun. Untuk solusi kedua menanggapi mahalnya biaya pendidikan, ada program yang dinamakan BOS, yaitu bantuan operasional sekolah. Dengan demikian warga miskin diharap bisa terbantu membayar biaya sekolah. Dan solusi terakhir dari masalah pendidikan di Indonesia tentang kualitas pendidikan, saat ini dalam pemerintahan Jokowi menambahkan dana anggaran untuk pendidikan.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Para Peserta Dididk SMP Budi Utomo Perak Belajar Menghafal Al-Qur’an

Pada hari Jum’at (8/11) seluruh peserta didik SMP Budi Utomo Perak mengadakan kegiatan Halaqoh Tahfidzul …