Penerimaan Tamu Penggalang

Kegiatan Penerimaan Tamu Galang atau PTG adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh siswa kelas VII sebagai tanda diterimanya mereka menjadi anggota penggalang di pangkalan SMP Budi Utomo Perak. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu sampai Minggu , 19 sampai  20 Agustus 2023.

Peserta Penerimaan Tamu Penggalang

SMP Budi Utomo Perak melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Galang yang diikuti oleh siswa kelas 7 dan beberapa dewan galang  kelas 8 dan 9 diikutsertakan mengikuti kegiatan ini Penerimaan Tamu Galang (PTG). Kegiatan ini didasari pada program kerja sekolah dan juga program nasional gerakan pramuka karena  kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib disetiap satuan pendidikan. Penerimaan Tamu Penggalang merupakan kegiatan bagi calon penggalang untuk bisa secara resmi bergabung menjadi anggota pramuka Penggalang Gugus Depan Pangkalan SMP Budi Utomo Perak

Regu Putri 

Regu Putra

Kegiatan PTG secara langsung dibuka oleh Kak Sutopo, S.Pd selaku KaMabigus pangkalan SMP Budi Utomo Perak. Beliau berpesan agar adik-adik penggalang yang baru ini bisa mengikuti latihan secara rutin yang sudah diprogramkan oleh kakak-kakak Pembina. Selain itu adik-adik juga supaya dapat mengimplementasikan 6 karakter luhur yang menjadi program utama SMP Budi Utomo Perak yaitu jujur, amanah, rukun, kompak dan kerjasama yang baik serta mujhid-muzhid. Kak Sutopo juga menjelaskan tentang pentingnya seorang penggalang sebagai anggota pramuka memahami  Tri Satya dan Dasa Darma dan penerapannya untuk dipraktikkan dalam ucapan dan perbuatan.

Pembukaan Persami oleh Kak Sutopo, S.Pd selaku KAMABIGUS

 

Malam Inagurasi dan Api Unggun

Olah raga gembira

Kegiatan-kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan antara lain Dinamika Kelompok, Malam Inagurasi untuk mengisi acara api unggun, qiyamul lail, olah raga gembira serta jelajah medan. Setiap acara selalu disisipkan tentang pentingnya implementasi 6 karakter luhur serta bagaimana agar adik-adik dapat memiliki 3 sukses generasi penerus yaitu ‘alim-faqih, akhlaq mulia dan mandiri.

 

Pengetahuan Umum mendirikan Tenda                                                                                  

Persiapan Jelajah Medan

Harapan Kak Endy Frans Y, S.Pd., selaku ketua gugus depan pangkalan SMP Budi Utomo Perak adik-adik anggota Pramuka diharapkan bisa mengikuti kegiatan secara aktif serta mengimplementasikan secara nyata ilmu-ilmu yang diterima selama Penerimaan Tamu Galang di dalam kehidupan sehari-hari. Lebih utama lagi dari Kegiatan Pramuka di SMP Budi Utomo Perak ini harus semakin baik, semakin giat dan tidak boleh kalah dengan gugus depan sekolah yang lain.”

Penutupan

Penyerahan piagam keanggotaan

About Mas Basori

Check Also

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Budi Utomo Tahun Pelajaran 2024/2025

ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته Bapak Ibu yang berbahagia, Yayasan Pendidikan Budi Utomo …

One comment

  1. Ayo Pramuka Indonesia, kami jadi pandumu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.