Workshop Peningkatan Kompetensi Guru,

SMP Budi Utomo Gadingmangu tak henti-hentinya untuk mengembangkan diri. Jum’at dan Sabtu tanggal 4 dan 5 Oktober 2024 melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen.

Penyampaian Materi dari Narasumber

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala SMP Budi Utomo Gadingmangu yaitu Bapak Sutopo, S.Pd. Tak lupa mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Jombang yaitu Drs. Ghufron, M.Si. selaku pengawas pembina SMP Budi Utomo Gadingmangu.

Adapun materi pada kegiatan ini yaitu:

  1. Memahami pembelajaran berdiferensiasi
  2. Merancang Modul Ajar pembelajaran berdiferensiasi.
  3. Mensimulasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah.
  4. Mensimulasikan dan mengimplementasikan Rencana Pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran disekolah.

Penyampaian Materi dari Narasumber

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk  memenuhi  kebutuhan belajar  Peserta  Didik  hadir  sebagai  salah  satu  solusi  untuk menjawab karakteristik peserta didik yang beragam.  Workshop  ini  dirancang  untuk  memberikan pengetahuan,  keterampilan,  dan  strategi praktis  bagi  para  guru dalam  menerapkan pembelajaran  berdiferensiasi  di  sekolah.  Selain Pembelajaran berdiferensiasi juga ada materi asesmen. Asesmen adalah alat yang penting untuk mengukur pemahaman siswa, mengidentifikasi kelemahan mereka, dan membantu mereka mencapai potensi maksimal dalam proses belajar. Ada 3 macam asesmen yaitu:

  1. Asesmen formatif awal pembelajaran yaitu jenis asesmen yang dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai untuk menilai pemahaman awal siswa tentang topik atau keterampilan tertentu. Ini membantu guru untuk merancang pengajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
  2. Asesmen formatif proses pembelajaran yaitu jenis asesmen yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk perbaikan lebih lanjut.
  3. Asesmen sumatif adalah jenis asesmen yang dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran atau unit untuk menilai pemahaman siswa secara keseluruhan.

Peserta Sangat Antusias

Dengan mengikuti workshop ini, diharapkan para guru dapat lebih percaya diri dan kompeten  dalam mengelola  proses  pembelajaran  yang  beragam,  sehingga mampu memenuhi  kebutuhan belajar  setiap peserta  didik secara  optimal. Selain itu, para guru juga diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dan best practices dalam  menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sekaligus sebagai wadah untuk  Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Peserta  Didik yang  diharapkan  dapat  memberikan  kontribusi  nyata  dalam  peningkatan kualitas pendidikan, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik.

About Mas Basori

Check Also

Yuk … Hidup Sehat

Rabu, 30 Oktober 2024, SMP Budi Utomo Gadingmangu Perak melaksanakan Kegiatan sosialisasi mengenai Pemenuhan Gizi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.