SMP Budi Utomo Gadingmangu tak henti-hentinya untuk mengembangkan diri. Jum’at dan Sabtu tanggal 4 dan 5 Oktober 2024 melaksanakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru tentang Pembelajaran Berdiferensiasi dan Asesmen.
Penyampaian Materi dari Narasumber
Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala SMP Budi Utomo Gadingmangu yaitu Bapak Sutopo, S.Pd. Tak lupa mendatangkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Jombang yaitu Drs. Ghufron, M.Si. selaku pengawas pembina SMP Budi Utomo Gadingmangu.
Adapun materi pada kegiatan ini yaitu:
- Memahami pembelajaran berdiferensiasi
- Merancang Modul Ajar pembelajaran berdiferensiasi.
- Mensimulasikan rencana pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah.
- Mensimulasikan dan mengimplementasikan Rencana Pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran disekolah.
Penyampaian Materi dari Narasumber
Workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar Peserta Didik hadir sebagai salah satu solusi untuk menjawab karakteristik peserta didik yang beragam. Workshop ini dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan strategi praktis bagi para guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Selain Pembelajaran berdiferensiasi juga ada materi asesmen. Asesmen adalah alat yang penting untuk mengukur pemahaman siswa, mengidentifikasi kelemahan mereka, dan membantu mereka mencapai potensi maksimal dalam proses belajar. Ada 3 macam asesmen yaitu:
- Asesmen formatif awal pembelajaran yaitu jenis asesmen yang dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai untuk menilai pemahaman awal siswa tentang topik atau keterampilan tertentu. Ini membantu guru untuk merancang pengajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa.
- Asesmen formatif proses pembelajaran yaitu jenis asesmen yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk memantau perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang dapat digunakan untuk perbaikan lebih lanjut.
- Asesmen sumatif adalah jenis asesmen yang dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran atau unit untuk menilai pemahaman siswa secara keseluruhan.
Peserta Sangat Antusias
Dengan mengikuti workshop ini, diharapkan para guru dapat lebih percaya diri dan kompeten dalam mengelola proses pembelajaran yang beragam, sehingga mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik secara optimal. Selain itu, para guru juga diharapkan dapat saling berbagi pengalaman dan best practices dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sekaligus sebagai wadah untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik.