Potret Pendidikan Indonesia
Potret Pendidikan Indonesia

Usaha Peningkatan Sistem Pendidikan di Indonesia

Usaha Peningkatan Sistem Pendidikan di Indonesia

Banyak pihak yang menuntut peningkatan sistem pendidikan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena mutu pendidikan di negara kita ini masih sangat rendah. Sebagai contoh, kita bisa membandingkan mutu pendidikan dengan negaa – negara tetangga kita di daerah ASEAN. Mutu pendidikan yang rendah inilah yang membuat kualitas SDM bangsa Indonesia masuk kedalam peringkat yang paling rendah. Sebenarnya pendidikan di Indonesia masih bisa ditingkatkan. Dengan peningkatan mutu kualitas pendidikan tersebut, diharapkan negara Indonesia mampu melahirkan generasi yang memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Dengan demikian maka bangsa Indonesia akan mampu bersaing dengan bangsa lain dan tidak semakin tertinggal karena arus global yang berjalan dengan cepat.

Potret Pendidikan Indonesia
Potret Pendidikan Indonesia

Masalah pada sistem pendidikan di Indonesia

Untuk meningkatkan mutu pendidikan negara Indonesia yang tergolong rendah, sistem pendidikan di Indonesia yang sudah ada haruslah diperbaiki. Selama ini sistem pendidikan kita bisa dibilang semrawut. Kita tentu sudah mengenal akan kurikulum 2006 yang bisa dibilang sebagai kurikulum yang paling parah atau bahkan bisa dibilang gagal. Sebenarnya bukan kurikulum 2006 yang membuat pendidikan di Indonesia jatuh, tetapi lebih kepada sistem pada kurikulum itu dan kebijakan menteri pendidikan saat itu yang membuat keadaan memburuk.

Pada kurikulum 2006, sistem pendidikan di Indonesia seolah menjadi lebih ketat dan rumit. Sistem penilaian pada kurikulum ini hanya mementingkan nilai semata. Aspek – aspek lain yang bisa menguku kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan kurang diperhitungkan. Karena sistem pendidikan yang hanya dominan pada aspek pengetahuan itulah, banyak sekali terjadi penyimpangan dalam pendidikan. Banyak sekali berita siswa yang stress dalam menghadapi ujian, ditambah lagi dengan kebijakan mentri pendidikan yang membuat banyak sekali paket ujian nasional. Sebenarnya masalah sistem pendidikan saat itu sangatlah banyak. Mulai dari siswa yang kecapaian karena jam mata pelajaran yang lebih banyak bahkan sampai sore hari, sehingga membuat mereka tergoda untuk membolos. Dan yang paling parah adalah adanya aksi penyogokan oleh pihak siswa kepada pihak sekolah agar nilai anak mereka bisa terangkat.

Peningkatan mutu pendidikan dengan perubahan sistem pendidikan di Indonesia

Untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia diperlukan sistem pendidikan yang responsive terhadap perubahan dan tuntutan zaman. Perbaikan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah – masalah seperti yang telah dibahas diatas. Untuk itu bangsa Indonesia harus menggunakan sistem pendidikan dan pola kebijakan yang sesuai dengan keadaan Indonesia.  Salah satu perubahan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia adalah dengan mengganti kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013. Dengan bergantinya mentri pendidikan, maka sistem pendidikan juga ikut berganti. Dengan perubahan sistem pendidikan di Indonesia ini, diharapkan mutu pendidikan di Indonesia juga ikut meningkat.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Para Peserta Dididk SMP Budi Utomo Perak Belajar Menghafal Al-Qur’an

Pada hari Jum’at (8/11) seluruh peserta didik SMP Budi Utomo Perak mengadakan kegiatan Halaqoh Tahfidzul …