SIAPKAN 54 PENDIDIK MELEK IT, SMP BUDI UTOMO GELAR WORKSHOP MICROSOFT 365

SMP Budi Utomo Gadingmangu, Perak, Jombang mengadakan Workshop Optimalisasi Penerapan Microsoft 365 dan Perencanaan PTM Berbasis Blended Learning guna menyiapkan pembelajaran tatap muka Tahun Pelajaran 2021/2022. Workshop dilaksanakan selama dua hari di Ruang rapat SMP Budi Utomo, yakni pada tanggal 14 dan 15 Juni 2021 lalu. Sebanyak 54 guru SMP Budi Utomo dengan 13 subjek mata pelajaran berbeda diikutsertakan dalam kegiatan ini. Mereka nampak sangat antusias. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam melibatkan penggunaan teknologi dan informasi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMP Budi Utomo. Seperti halnya generasi yang terus berubah dari waktu ke waktu, Kepala SMP Budi Utomo pun melihat adanya urgensi untuk beradaptasi mewujudkan  suasana  pembelajaran  yang  menyenangkan bagi generasi Z dalam proses menuntut ilmu bersama di SMP Budi Utomo.

 

Di Tahun pelajaran 2021/2022, SMP Budi Utomo merencanakan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan berdasarkan panduan penyelenggaraan pembelajaran dari Kemendikbud. Hal ini menjadi landasan persiapan pembimbingan peserta didik yang sesuai perkembangan era milenial sehingga menuntut profesionalisme pendidik untuk melek IT. Beberapa usaha telah dilakukan bapak ibu guru SMP Budi Utomo dengan banyak mengikuti program-program dari kemendikbud selama masa pandemi ini, seperti Bimtek seri AKM, Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Keterampilan Hidup. Bahkan baru-baru ini beberapa guru telah menyelesaikan Bimtek PemBATIK baik yang diadakan oleh kemendikbud maupun oleh sekolah dengan pendampingan dari pengawas pendidikan. Dengan demikian, workshop ini menjadi salah satu usaha nyata  pihak SMP Budi Utomo dalam peningkatan keterampilan dan kompetensi profesional/pedagogik PTK SMP Budi Utomo sekaligus usaha mewujudkan Blended Learning dan flipped classroom dalam menyambut tahun ajaran baru.

 

Tak hanya itu, Kepala SMP Budi Utomo, Bapak Fitriyanto, S.Pd. M.Si, menghadirkan pengawas SMP yaitu Bapak Sulaikan, S.Pd. SH, M.Si untuk memberikan selayang pandang terkait isu-isu terkini dunia pendidikan di Indonesia. Dengan memboyong dua narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu pemateri bidang IT, Ibu Amiroh, S. Kom., M.Kom, dan aktivis pendidikan, Bapak Drs. Bambang Djoko Soejono, M.Pd. menjadikan Workshop ini ajang belajar yang apik bagi para guru SMP Budi Utomo. Antusiasme para guru sudah nampak sedari awal usaha pengenalan dan aktivasi akun Microsoft 365 hingga akhirnya uji coba pembelajaran digital dengan memaksimalkan penggunaan fitur Microsoft 365 pada pengaplikasian Flipped classroom dengan model blended learning.

 

Kegiatan workshop kilat ini menghasilkan dampak positif secara langsung maupun tidak langsung bagi para guru. Secara langsung, workshop ini menjadikan masing-masing guru memiliki akun aktif Microsoft 365, menyusun contoh RPP dan asesmen blended learning, menambah kemahiran dalam penggunaan fitur Ms. 365, dan mempunyai pandangan perencanaan flipped classroom. Secara tidak langsung, workshop ini akan berdampak pada usaha guru secara alami dalam menciptakan PTM yang lebih menarik dan bervariasi, memunculkan kreativitas penggunaan IT secara optimal sehingga meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan melalui pembelajaran melek IT di SMP Budi Utomo, dan menambah arsip dokumentasi materi belajar yang mengintegrasikan materi antar subjek berbasis teknologi. “Pada akhirnya, dengan memadukan kompetensi profesional, pedagogik, dan kognitif setiap guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas mengajar sesuai kebutuhan dan karakter pembelajar Gen Z demi tercapainya tujuan pembelajaran selama peserta didik mengenyam pendidikan di SMP Budi Utomo, karena kami berusaha memfasilitasi sepenuh hati.” pungkas Bapak Fitri. (*fta)

About Admin SMPBU

Check Also

Budi Utomo gelar Vaksinasi Massal COVID-19, targetkan 5000 ribu santri dan pelajar SMP–SMA–SMK

Vaksinasi Massal bagi Santri dan Pelajar, SMP Budi Utomo bidik ribuan siswa ikut Vaksin SINOVAC …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.