Dewan Guru SMP Budi Utomo Perak
Dewan Guru SMP Budi Utomo Perak

Mengenal Lebih Dalam Tentang Ilmu Pendidikan

 Ilmu pendidikan di Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu konvensional dan inkonvensional. Pertama kita akan membahas tentang pendidikan konvensional. Cara mengajar konvensional adalah cara mengajar yang biasa dilakukan oleh guru – guru disekolah untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada para siswanya. Cara yang biasa digunakan adalah dengan berceramah, menjelaskan, Tanya jawab, kerja kelompok, dan berbagai macam cara lain yang umumnya dilakukan guru disekolah. Target dari cara mengajar ini adalah siswa mampu mendapatkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu akan berguna bagi para murid sebagai modal untuk masa depan mereka. Dan biasanya pengetahuan itu akan diuji agar guru bisa mengetahui sejauh mana muridnya mengertii akan hal itu.

Dewan Guru SMP Budi Utomo Perak
Dewan Guru SMP Budi Utomo Perak

Ilmu pendidikan selanjutnya adalah inkonvensional. Berbeda dengan konvensional, cara mengajar ini ditujukan untuk mendewasakan murid. Sehingga cara mengajar ini tidak menuntut akan ilmu pengetahuan, melainkan sikap dan karakter dari sang siswa. Guru bertanggung jawab akan segala perbuatan murid mereka dan harus bisa mengajarkan hal – hal yang baik kepada murid mereka. Dengan demikian pelajar Indonesia akan memiliki pengetahuan yang luas serta memiliki karakter yang baik. dengan demikian mutu pendidikan di Indonesia akan meningkat dan tidak akan kalah dengan negara lannya.

Mengenal Ilmu pendidikan secara mendalam

Ilmu ini juga mempelajari dan memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang dalam usaha mendewasakan melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Untuk melakukan hal tersebt, ilmu ini harus dapat memiliki beberapa sifat. Sifat yang harus dimiliki adalah empiris karena objeknya dijumpai dalam dunia pengalaman, historis, praktis karena memberikan pemikiran tentang masalah dan ketentuan pendidikan yang langsung ditujukan kepada pendidik, nomatif karena berdasarkan atas pemilihan langsung antara baik dan buruk, dan rohaniah. Demikianlah beberapa penjelasan tentang ilmu pendidikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Para Peserta Dididk SMP Budi Utomo Perak Belajar Menghafal Al-Qur’an

Pada hari Jum’at (8/11) seluruh peserta didik SMP Budi Utomo Perak mengadakan kegiatan Halaqoh Tahfidzul …