teknologi pendidikan
teknologi pendidikan

Arti dan Tujuan Teknologi Pendidikan di Indonesia

Arti dan Tujuan Teknologi Pendidikan di Indonesia

teknologi pendidikan
teknologi pendidikan

Dewasa ini banyak sekali orang yang salah mengerti akan arti dari teknologi pendidikan. Kebanyakan dari mereka mendefinisikan hal ini sebagai teknologi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif, efisian, dan berhasil guna. Mereka menganggap hal ini hanyalah sebatas sarana dan prasarana saja yang digunakan untuk menunjang pendidikan di Indonesia. Memang sarana dan prasarana sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Alat bantu yang digunakan akan membuat para siswa menjadi lebih cepat mengerti dan lebih bersemangat dalam menerima pelajaran. Tetapi sebenarnya artian dan definisinya tidak hanya terbatas akan sarana dan prasarana saja. Bagi anda yang masih belum mengerti, berikut ini akan dibahas secara mendetail akan hal ini.

Arti teknologi pendidikan

Dalam arti sempit hal ini memang bisa diartikan sebagai teknologi yang digunakan sebagai alat bantu dalam pendidikan supaya lebih efektif, efisian, dan berhasil guna. Tetapi dalam arti yang lebih luas, teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah ini sering kali dihubungkan dengan teori belajar dan proses pembelajaran yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.

Teknologi pendidikan ini memang memiliki arti yang sangat luas. Istilah ini sebenarnya lebih condong kepada suatu disiplin atau sebuah bidang pendidikan. Jika anda masih bingung, berikut ini akan diberikan beberapa contohnya. Jika bidang utamanya adalah industry, maka teknologinya adalah manajemen teknik industry, bioteknologi industry, teknik proses, teknik manufaktur, teknik otomasi, dan bidang – bidang lainnya yang tercakup dalam bidang industri. Sehingga setiap bidang pendidikan akan memiliki banyak sekali cakupan teknologi yang dimilikinya. sehingga istilah ini tidak hanya merujuk pada sebuah peralatan fisik saja, tetapi juga mencakup akan bidang – bidang pendidikan.

Tujuan teknologi pendidikan

Teknologi memiliki banyak sekal tujuan yang bermanfaat. Tujuan yang pertama adalah untuk memecahkan masalah belajar. Jika guru mengalami kesulitan dalam mengajar, maka ilmu yang disampaikan kepada murid tidak akan lancar. Untuk itulah adanya pembagian bidang – bidang dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung diharapkan akan menjadi solusi dari masalah ini. Tujuan kedua adalah untuk meningkatkan kinerja pembelajaran. Ketersediaan fasilitas tentu akan memengaruhi kinerja pembelajaran. Akan banyak pesan multimedia dan visual yang memberikan ilmu pengetahuan dan mudah dicerna oleh murid. Penelitian mengatakan bahwa siswa akan lebih cepat mengerti dan menangkap pelajaran dengan cara melihat dibandingkan dengan cara mendengar lalu membayangkannya. Dengan demikian adanya fasilitas seperti LCD akan sangat membantu. Selain itu dengan adanya pembagian dalam bidang – bidang teknologi pendidikan juga akan membuat para siswa bisa memilih bagian yang mereka sukai dan mereka kuasai.

About SMP Budi Utomo Perak

Check Also

Para Peserta Dididk SMP Budi Utomo Perak Belajar Menghafal Al-Qur’an

Pada hari Jum’at (8/11) seluruh peserta didik SMP Budi Utomo Perak mengadakan kegiatan Halaqoh Tahfidzul …